Februari 13, 2013

Pelajar Banjarnegara Ikuti Pelatihan Jurnalistik


Ikatan Pelajar Muhammadiyah sebagai organisasi pelajar yang peduli akan cita-cita negara ”Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”, turut berperan aktif menghadapi tantangan pelajar kedepan baik akhlaq, sosial, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi. Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan (PIP) mengemasnya dalam bentuk pelatihan jurnalistik  yaitu sebuah kegiatan yang dilakukan dari dan oleh pelajar untuk mengkaji penguasaan keterampilan menulis dan pengelolaan media sebagai upaya mengenal metodologi berfikir logis, kritis, sistematis dan komprehensif yang mengantarkan pelajar tidak hanya menguasai keterampilan dalam penulisan saja, namun juga turut mengelola serta beraktivitas dalam komunitasnya.
IPM Banjarnegara mengadakan Pelatihan Jurnalistik Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Kegiatan ini merupakan gagasan proker bidang PIP PD IPM Banjarnegara periode kepemimpinan 2012-2014. Kegiatan ini memiliki tujuan diantaranya sebagai media sosialisasi tentang pentingnya budaya baca-tulis dikalangan pelajar, sebagai media sosialisasi tentang pentingnya kemandirian yang ditanamkan sejak usia muda, sebagai media silaturahmi untuk saling sharing tentang komunitas-komunitas pelajar yang sudah ada baik di lingkungan sekolah maupun diluar sekolah, sebagai media awal pembentukan buletin/koran/majalah sekolah. 
Kegiatan Pelatihan Jurnalistik ini dilaksanakan selama 2 hari bertempat di SMAN 1 Bawang. Dibuka pada hari Sabtu 9 Februari 2013 di Aula SMAN 1 Bawang dengan dihadiri oleh para peserta dan tamu undangan. Hadir dalam acara pembukaan diantaranya, Ketua Umum Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Banjarnegara yang diwakilkan oleh Hendra Pratomo. Kepala Sekolah SMAN 1 Bawang yang diwakilkan oleh Ibu Rusmijati. Serta Majelis Dikdasmen PDM Banjarnegara yang diwakilkan oleh Bapak Kamal Darojat. Bapak Kamal Darojat berpesan "Para pelajar hendaknya senang menulis entah apapun itu, karena dengan menulis akan tercipta pelajar yang kreatif".
Pelatihan Jurnalistik diikuti oleh Pelajar Sekolah Muhammadiyah se-Banjarnegara. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini merupakan siswa sekolah menengah yang berasal dari sekolah Muhammadiyah, ada 43 orang dari perwakilan seluruh Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah di Banjarnegara. Yang 9 diantaranya merupakan 3 orang perwakilan dari Pimpinan Ranting IPM SMA/SMK, sementara sisanya ada 34 orang dari 2 perwakilan Pimpinan Ranting IPM SMP/MTs.Ikut serta pula 24 orang perwakilan Pimpinan Cabang Nasyiatul 'Aisyiyah se-Banjarnegara. Diundang pula perwakilan dari SMA/SMK/MA se-Kecamatan Banjarnegara.

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com